MANFAAT IMUNISASI POLIO BAGI ANAK

  • Jul 27, 2024
  • Desa Abelisawah

Abelisawah (27/07/2024)

Pekam Imunisasi Nasioanl (PIN) Polio tahun 2024 adalah program vaksinasi yang dilaksanakan untuk melindugi anak-anak dari penyakit polio, yang dapat menyebabkan kelumpuha permanen. Program ini telah dimulai pada tanggal 23 Juli 2024 dan akan berlangsung di 27 provinsi di Indonesia dengan target anak berusia 0-7 tahun.

PIN Polio merupakan singkatan dari "Pekan Imunisasi Nasioanal" . Ini adalah inisiatif pemerintah untuk meningkatkan cakupan imunisasi polio di seluruh Indonesia, terutama di daerah-daerah yang beresiko tinggi terhadap penyakit ini.

Melalui program ini anak-anak akan diberikan vaksin polio secara serentak diberbagai lokasi seperti Puskesma, Posyandu dan Sekolah dengan tujuan utama untuk mencegah penyebaran virus Polio. 

Manfaat PIN Polio Pada Anak

  • Vaksinasi ini bertujuan untuk mencegah infeksi virus polio yang bisa menyababkan kelumpuhan. Dengan melibatkan sebanyak mungkin anak dalam vaksinasi, diharapkan dapat mencapai kekebalan tubuh terhadap virus polio.
  • Kelompok yang efektif untuk menghentikan penyebaran virus.
  • Program ini memberikan perlindungan tambahan bagi anak-anak,terutama didaerah dengan resiko tinggi terhadap polio.
  • Mengingat adanya laporan kasus di beberapa Provinsi, PIN Polio diharapkan dapat mencegah terjadinya KLB di masa yang akan datang.

Khusus untuk Desa Abelisawah Kecamatan Anggalomoare, pelaksanaan PIN Polio tahap 1 dilaksanakan pada hari Sabtu tanggal 27 Juli 2024 bertempat di Balai Desa Abelisawah. Dibantu dengan kader-kader Posyandu petugas PIN dari UPTD Puskesmas Anggalomoare memberikan Imunisasi polio kepada kurang lebuh 30 anak usia 0- 7 tahun. Untuk Pemberian vaksin polio tahap 2 akan dilaksanakan pada bulan Agustus 2024 mendatang dengan sasaran yang sama yakni anak berusia 0-7 tahun. (KIM MENTARI Abelisawah 27/07/2024)