KEGIATAN POSYANDU DESA

  • Jul 15, 2024
  • Desa Abelisawah

Abelisawah (15 Juli 2024)

Peran Posyandu (Pos Layanan Terpadu) ditengah masyarakat sangatlah besar. Meski identik dengan bayi dan balita, kegiatan posyandu dan manfaatnya ternyata tidak hanya itu. Banyak program posyandu yang juga diperuntukkan bagi ibu hamil, ibu menyusui, pasangan usia subur bahkan lansia.

Posyandu merupakan upaya pemerintah untuk memudahkan masyarakat Indonesia dalam memperoleh pelayanan kesehatan ibu dan anak. Tujuan utama posyandu adalah mencegah peningkatan angka kematian ibu dan bayi saat kehamilan, persalinan, atau setelahnya melalui pemberdayaan masyarakat. Berbeda dengan Puskesmas yang memberikan pelayanan kesehatan setiap hari, poyandu hanya melayani setidaknya 1 kali dalam sebulan. Lokasi posyandu umumnya yang mudah dijangkau masyarakat, dan lokasi posyandu desa Abelisawah dilaksanakan di Balai Desa Abelisawah. 

KEGIATAN POSYANDU DESA ABELISAWAH

Program Kegiatan Posyandu Desa Abelisawah terdiri dari :

  1. Progran Kesehatan Ibu Hamil. Pelayanan yang diberikan kepada ibu hamil mencakup pemeriksaan kehamilan dan pemantauan gizi, konsultasi terkait persiapan persalinan dan pemberian ASI.
  2. Program Kesehataan Anak. Menyelenggarakan pemeriksaan bayi dan balita secara rutin . Hal ini penting dilakukan untuk memantau tumbuh kembang anak dan mendeteksi sejak dini apabila anak mengalami gangguan tumbuh kembang. Jenis pelayanan mencakup penimbangan berat badan, pengukuran tinggi badan dan lingkar kepala anak, evaluasi tumbuh kembang , serta penyulhan dan konseling tumbuh kembang. hasil pemeriksaan tersebut kemudian dicatat didalam buku KIA atau KMS.
  3. Program Keluarga Berencana. Pelayanan KB di Posyandu diberikan oleh kader dalam bentuk kondom atau pil KB. Untuk suntik KB hanya dapapt diberikan oleh tenaga kesehatan di puskesmas.
  4. Program  Imunisasi.  Imunisasi wajib diberikan diberikan karna merupakan program Pemerintah yang mengharuskan setiap anak usia dibawah 1 tahun untuk melakukan vaksinasi Imunisasi. Ada 5 jenis vaksinasi yang wajib diberikan yakni imunisasi hepatitis B, Polio, BCG, Campak dan DPT-HB-HIB.
  5. Program Pemantauan Status Gizi, Pencegahan Stunting dan Pemberian Makanan Tambahan.  Melalui kegiatan pemantauan gizi, posyandu berperan penting dalam mencegah resiko stunting pada anak. Pelayanan gizi di posyandu meliputi pengukuran berat dan tinggi badan, deteksi dini gangguan pertumbuhan, penyuluhan gizi, pemberian suplemen dan Pemberian Makanan Tambahan.
  6. Program Posyandu Lansia.  Menyelenggarakan pemeriksaan lansia secara rutin, jenis pelayanan mencangkup pemeriksaan gula darah, kolesterol dan hipertensi.

MANFAAT MENGIKUTI KEGIATAN POSYANDU

Manfaat kegiatan posyandu dapat diperoleh tanpa mengeluarkan biaya atau gratis, sehingga dapat meringankan beban ekonomi masyarakat. Selain itu posyandu juga memiliki banyak manfaat antara lain : 

  • Memberikan beragam informasi mengenai kesehatan ibu dan anak.
  • Menambah pengetahuan dan berbagi pengalaman tentang kesehatan ibu dan anak, baik dari petugas kesehatan maupun dari peserta lainnya.

Dengan pengetahuan yang baik diharapkan kualitas kesehatan ibu dan anak dapat meningkat . Kegiatan Posyandu dan manfaatnya bisa semakin dirasakan oleh masyarakat jika diikuti secara rutin. Jika berminat mengikuti kegiatan posyandu di Desa Abelisawah, jadwal pelayanannya tanggal 15 setiap bulannya. Untuk informasi lebih lanjut anda bisa menghubungi kontak person 0852-4152-7181 (RIKA KARDINAH, S.Pd)