BIMTEK PPS SE-KABUPATEN KONAWE

  • Aug 02, 2024
  • Desa Abelisawah

Kendari (29 Juli 2024)

Dalam rangka Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sulawesi Tenggara serta Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Konawe tahun 2024, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Konawe mengadakan Bimbingan Teknis (Bimtek) Persiapan Penyusunan Daftar Pemilih Sementara (DPS) dan Akuntabilitas Laporan Pertanggungjawaban Keuangan Badan Adhoc PPK dan PPS Pada Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Konawe tahun 2024. 

Kegiatan yang dilaksanakan di Hotel Claro Kendari pada tanggal 29 - 31 Juli 2024 ini, dihadiri oleh PPK dan PPS se- Kabupaten Konawe dengan jumlah  1.504 peserta yang terbagi dalam 2 (dua) kelas. Kelas A dengan materi Akuntabilitas Laporan Pertanggungjawaban Keuangan Badan Adhoc PPK dan PPS yang diikuti oleh Sekretaris PPK dan PPS, sedangkan untuk kelas B diikuti oleh Ketua dan Devisi Data PPK dan PPS. 

Materi Bimtek disampaikan oleh Ketua KPU Kabupaten Konawe serta beberapa komisioner lainnya, turut pula membawakan materi dari Dikcapil Kabupaten Konawe, BPKP, dan Kejaksaan Negeri Unaaha. Kegiatan yang dibuka oleh Ketua KPU Provinsi Sulawesi Tenggara Dr. Asril, S.Sos., M.Si. dalam sambutannya mengatakan melalui Bimtek, PPK dan PPS akan mendapatkan pemahaman yang lebih mendalam mengenai kelembagaan Badan Adhoc dan proses tahapan Pilkada tahun 2024. Hal ini akan membantu PPK dan PPS dalam melaksanakan tugasnya sebagai bagian dari penyelenggara Pilkada secara efektif dan efisien. Selain itu pengetahuan tentang tata kerja PPK dan PPS juga akan membantu dalam hubungan kerja yang baik dalam berkoordinasi antar lstakeholder serta memastikan kelancaran tahapan demi tahapan pada Pilkada tahun 2024.

Selain itu, pembahasan kode etik penyelenggara Badan Adhoc akan meningkatkan kesadaran etika dan profesionalme para anggota PPK dan PPS dalam melaksanakan tugas. Evaluasi kinerja PPK dan PPS juga akan membantu mereka untuk terus melakukan perbaikan dan peningkatan layanan dalam pelaksaan tugas sebagai badan Adhoc penyelenggara Pilkada.

Sehingga dengan adanya kegiatan Bimtek ini, diharapkan kualitas Penyelenggaraan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sulawesi Tenggara serta Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Konawe yang akan dilaksanakan pada 27 November 2024 mendatang dapat ditingkatkan, serta memberikan jaminan kepada masyarakat akan terselenggaranya pemilihan yang transparan, demokratis dan berkualitas. (KIM Mentari  Abelisawah 31 Juli 2024)